Inilah 5 Penyebab Baterai Hp Cepat Habis Dan Cara Mengatasinya

Perangkat teknologi sekarang sudah banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia mulai dari anak-anak sampai orang tua. Berbicara mengenai perangkat teknologi tak terlepas dari daya yang menghidupkan perangkat tersebut, apa itu? Ya, komponen tersebut adalah baterai.

Bateri menjadi komponen utama dalam sebuah perangkat teknologi seperti ponsel dan smartphone. Mungkin kamu juga sering merasa kalua baterai ponsel/smartphone cepat habis padahal tidak begitu sering dipakai.

Penyebab Baterai Hp Cepat Habis Serta Cara Mengatasinya

Daya konsumsi baterai dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti halnya pemakaian yang terlalu sering dan intensif maupun faktor lainya. Jika baterai smartphone kamu terasa cepat habis, berikut idnpedia.com sajikan beberapa informasi kemungkinan penyebab baterai cepat habis.

  1. Tingkat Kecerahan Layar Yang Terlalu Tinggi

    Salah satu penyebab konsumsi daya baterai menjadi boros adalah tingkat kecerahan yang terlalu tinggi pada smartphone/ponsel. Hal ini biasanya jarang disadari oleh para pengguna. Jika diluar ruangan maka kamu harus menambahkan kecerahan layar hp bahkan sampai full supaya bisa terlihat. Begitupun jika berpindah ke dalam ruangan maka kamu harus mengurangi kecerahan layarnya.Bagi kamu yang tidak mau diribetkan dengan pengaturan manual kecerahan layar ponsel, kamu bisa menggunakan fitur kecerahan otomatis pada ponsel kamu. Ini akan membantu kamu untuk menyesuaikan dimana kamu akan menggunakan smartphone/ponsel.

  2. GPS Yang Terus Aktif Tanpa Disadari

    Faktor penyebab baterai hp cepet habis selanjutnya adalah karena fitur GPS yang aktif sepanjang waktu tanpa disadari oleh penggunanya. Fungsi dari GPS sendiri adalah melacak posisi kamu dan itu akan terus berkerja ketika terhubung ke internet. Dampaknya adalah baterai hp kamu akan cepat habis karena disedot terus menurus oleh fitur hp yang satu ini.

    Untuk mengatasi itu kamu perlu memastikan kalua GPS selalu mati dan dihidupkan kembali ketika hanya diperlukan seperti membuka google maps dan lainya.

  3. Aplikasi Berjalan Di Belakang Layar

    Tidak menutup kemungkinan aplikasi-aplikasi yang berjalan di belakang layar juga bisa menjadi jawaban kenapa baterai hp boros atau cepet habis. Kamu harus mengetahui bahwa tidak semua aplikasi yang selesai digunakan dan ditutup akan berhenti seutuhnya. Beberapa aplikasi akan tetap bekerja di belakang layar untuk suatu tujuan tertentu loh.

    Untuk mengatasinya kamu bisa ke pengaturan baterai yang ada di Android ataupun IOS lalu lihat aplikasi mana saja yang mengkonsumsi daya baterai cukup besar. Kemudian bisa kamu matikan aplikasi-apliksi bekerja di belakang layar yang tidak terlalu penting. Hal itu akan membantu untuk mengurangi konsumsi daya baterai hp kamu.

  4. Sedang Mengalami Kondisi Susah Sinyal

    Penyebab lain dari cepatnya daya baterai habis adalah kondisi saat susah sinyal. Ketika sinyal disekitar kamu cukup rendah maka hp kamu akan berusaha untuk tetap terhubung ke saluran BTS terdekat sehingga daya batrerai akan banyak digunakan.

    Jika kamu sedang mengalami kasus seperti ini, maka sebaiknya adalah mengaktifkan mode pesawat pada hp kamu. Ketika nanti sudah dirasa berada ditempat yang cukup kuat sinyalnya, kamu bisa menonaktifkan mode pesawatnya. Hal ini akan membantu untuk mengawetkan daya baterai kamu.

  5. Penggunaan yang berlebihan

    Penggunaan ponsel yang berlebihan juga dapat menyebabkan perangkat menguras baterai. Misalnya, Kamu dapat menggunakan ponsel untuk bermain game, menonton video streaming, atau melakukan aktivitas intens lainnya selama berjam-jam. Ini mungkin alasan mengapa baterai ponsel cepat habis.

    Solusi untuk masalah ini adalah dengan menggunakan telepon secara wajar, tidak berlebihan. Jangan terlalu panas telepon Kamu karena tidak hanya merusak perangkat Kamu, tetapi juga menghabiskan baterai Kamu.

Itulah beberapa penyebab baterai ponsel cepat habis dan cara mengatasinya yang perlu Kamu ketahui. Dengan beberapa ulasan di atas, jika baterai ponsel Kamu cepat habis, dan Kamu tidak perlu bingung bagaimana cara memperbaikinya.

 

KATA KUNCI:
cara mengatasi baterai cepat habisbaterai cepat habispenyebab baterai cepat habis5 penyebab baterai cepat habisapa penyebab baterai cepat habisbaterai iphone cepat habiscara agar baterai tidak cepat habispenyebab baterai cepat habis dan cara mengatasinyacara mengatasi baterai borospenyebab baterai ponsel cepat habispenyebab baterai laptop cepat habispenyebab baterai samsung cepat habispenyebab baterai cepat habis setelah dicas penuhbaterai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *